My Picture



SAYA DAN E-KTP...
E-KTP atau biasa disebut Electronic-KTP..

Apa sih tanggapan kalian terhadap di gantinya KTP lama jadi E-KTP?

Jujur aja, kalau saya sih sampai sekarang ngerasanya biasa aja yahh.. hehe.. Gimana ngga, tapi memang sampai saat ini fungsi E-KTP memang masih sama aja seperti yang dulu, dan sapai sekarang juga saya belum merasakan kepraktisan dalam penggunaan dari adanya E-KTP. Selain lebh mudah dibawa.. hehe.. karena kan sekarang lebarnya pas banget sama ukuran kartu buat di dompet kita.

Jadi kalau waktu itu, kira-kira 3-4bulan yang lalu kebanyakan orang udah pada punya E-KTP dan saya belum, saya sih ngga ngerasa sirik atau dikucilkan oleh pihak kelurahan/pemerintah..

Memang, kalau mau dibilang E-KTP saya dan adik saya baru selseai sekitar seminggu yang lalu. Hahaha.. tapi ngga apa-apa lah, ngga jadi susah juga kok kalau ngga ada E-KTP.

Sampai seminggu yang lalu, ada pihak dari ketua RW yang datang untuk memberikan E-KTP kami yang akhirnyaaa jadi juga. Tapi berhubung waktu itu kami sedang tidak berada di rumah, jadi E-KTPnya di titipkan ke supir yang kebetulan sedang menunggu rumah.

Begitu saya pulang, pak supir bilang “tadi ada yang nganterin KTP baru, tapi katanya ada biaya Rp. 10.000 per orang”

Wah begitu saya dengar katanya musti bayar, rasanya saya jadi heran dan bertanya-tanya, apa maksudnya musti bayar? Bukannya E-KTP seharusnya diberikan kepada setiap masyarakat secara gratis?

Dan benar saja, sekitar 2hari kemudian, sepulang saya ke rumah ada bapak-bapak botak yang saya kenal yang memang orang itu orang suruhan Bapak Ketua RW. Waktu itu saya masih di mobil, saya sih pra-pura ngga liat aja.

Saya pura-pura ngga liat, dia pun ngga berani menegur saya. Tapi ampun dehh.. cape juga liatnya, dia nongkrong terus di depan mobil saya. Akhirnya pas saya liat mukanya, dia langsung nyamperin saya...
Dia bilang gini “gini neng, gimana neng, E-KTPnya udah keterima?” saya bilang aja “udah” terus dia jawab lagi “oya neng, sekalian saya mau ambil KTP lama..” saya jawab lagi “ooh iya pa, sebentar saya ambil di dompet dulu”

Yah langsung deh saya kasih tuh KTP lama... eeehhh.. ngga lama kemudian kalimat yang ditunggu-tunggu akhirnya keluar juga “Gini neng, ini E-KTP ada biayanya Rp. 10.000. Punten aja yah neng..”
Wattttt???

Akhirnya saya tanya balik “biaya Rp. 10.000 apaan yah pa? Bukannya bikin E-KTP harusnya gratis, tanpa biaya?”

Dengan muka malu-malu tapi ngga tau malu akhirnya tuh si bapak bales jawab “yahh, ini sih buat bapak aja, buat ongkos anter.. kan harusnya diambil sendiri”

Woooowww... 

Yaudah akhirnya saya jawab lagi sambil kasih uangnya, daripada si pak botak itu ngga mau pergi-pergi gini “lohh pak, saya ngga minta anter E-KTPnya kok, emang ada yang bilang minta dianter yah? Wah si bapak ini, coba deh bayangin kalau dari setiap rumah ada 3 orang dan 1 RW ada puluhan rumah, si bapak dapet berapa....”

Yah, namanya juga orang Indonesia, begitu dikasi uangnya langsung deh dia bilang makasih n pergi..

Ini cerita saya tentang E-KTP. haha... cape dehhhh...

Bagaimana dengan cerita kalian?

0 comments:
Post a Comment

Followers

About Me